4 Desa di Kabupaten Tangerang Naik Status Jadi Desa Mandiri

4 Desa di Kabupaten Tangerang Naik Status Jadi Desa Mandiri
Pemaparan Kenaikan Status Desa Oleh Kadis DPMPD Kabupaten Tangerang Dadan Gandana, S. STP. (Foto Apdesi for Dellik.id)

KABUPATEN TANGERANG, DELLIK.ID – Empat Desa di Kabupaten Tangerang naik status dari desa maju menjadi desa mandiri di tahun 2022.

Keempat Desa tersebut diantaranya, Desa Kampung Melayu Barat, Desa Bitung Jaya, Desa Pagedangan dan Desa Cibadak.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tangerang, Dadan Gandana, S.STP mengatakan, bahwa berdasarkan Indeks Desa Mandiri (IDM) 2021 ke IDM 2022 tercatat ada 4 Desa yang statusnya naik menjadi desa mandiri. Bahkan diketahui 4 desa tersebut sudah memenuhi target RPJMD tahun 2023.

“Alhamdulillah di tahun 2022 ada 4 desa yang naik statusnya menjadi desa mandiri,” kata Dadan Gandana kepada dellik.id, Jumat (15/07/2022).

Baca Juga: Peningkatan Kapasitas dan Studi Komparatif Kepala Desa SeKabupaten Tangerang Bertema “Digitalisasi Sistem Pengelolaan Keuangan Desa”

Diungkapkan Dadan, desa mandiri memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan desa untuk mensejahterakan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya dengan ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan ekologi/lingkungan yang berkelanjutan.

“Barometer desa maju menjadi desa mandiri dinilai dari beberapa aspek, diantaranya ketersediaan sarana pendidikan, ketersediaan sarana kesehatan dan kebencanaan,” ujarnya.

Menurutnya, dengan meningkatnya status desa tersebut, kedepan secara otomatis pemerintah akan menambahkan anggaran untuk desa-desa tersebut sesuai ketentuan Kementrian Desa (Kemendes).

“Bagi pemerintah desanya sendiri akan ditambah anggaran-anggaran sesuai perhitungan Kemendes,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap, desa-desa yang ada di Kabupaten Tangerang bisa mengikuti tahapan-tahapan yang sudah pihaknya tentukan sesuai angka IDM.

“Kita akan tingkatkan juga status desa yang masih berstatus berkembang menjadi desa maju, tinggal kita push disisi perencanaanya saja,” pungkasnya. (Ade Maulana)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *