Lanjut baca artikel
Kesehatan

Buah Alpukat Baik Untuk Kesehatan, Ini Manfaat Yang Jarang Diketahui

admin dellik
410
×

Buah Alpukat Baik Untuk Kesehatan, Ini Manfaat Yang Jarang Diketahui

Sebarkan artikel ini
Buah Alpukat Baik Untuk Kesehatan, Ini Manfaat Yang Jarang Diketahui
Buah Alfukat. (Internet)

KOTA TANGERANG, DELLIK.ID – Manfaat buah alpukat sudah tak diragukan lagi karena memiliki kandungan asam lemak jenuh tunggal atawa monounsaturated fat acids. Selain bergizi, alpukat juga merupakan yang memiliki rasa lezat.

 

ADVERTISING
SCROOL UNTUK LANJUT BACA

Buah dengan nama lain avocado ini kerap dijadikan salah satu menu diet bagi mereka yang tengah berupaya menurunkan berat badan. Apa saja manfaat buah alpukat?
​12 Manfaat buah alpukat untuk kesehatan
Berikut 12 manfaat buah alpukat untuk kesehatan dikutip dari Healthline:

 

1. Nutrisi lengkap
Alpukat sangat bergizi dan mengandung berbagai macam nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil juga terbilang lengkap.

 

Manfaat dari buah alpukat antara lain mengandung folat, vitamin K, vitamin C, kalium, vitamin B5, vitamin B6, vitamin E, magnesium, mangan, fosfor, vitamin B1, dan kaya serat.

 

2. Kandungan potasium lebih tinggi dari pisang

Pisang selama ini jadi buah yang dikenal dengan kandungan tinggi potasium. Namun rupanya, daging buah alpukat justru memiliki kandungan potasium lebih tinggi.

 

Potasium merupakan senyawa yang berguna untuk menurunkan tekanan darah yang jadi sebab dari penyakit serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

 

3. Menyehatkan jantung
Manfaat buah alpukat adalah baik untuk kesehatan jantung. Alpukat adalah makanan berlemak tinggi, dengan 77% kalori di dalamnya berasal dari lemak, menjadikannya salah satu makanan nabati paling berlemak yang ada.

 

Tapi alpukat tidak hanya mengandung lemak. Mayoritas lemak dalam alpukat adalah asam oleat atau asam lemak tak jenuh tunggal yang juga jadi komponen utama minyak zaitun, minyak untuk berbagai jenis pengobatan penyakit.

 

4. Kaya serat
Serat adalah nutrisi lain yang relatif kaya pada daging alpukat. Daging alpukat yang kaya serat tidak mudah dicerna dalam tubuh.

Mengonsumsi alpukat berkontribusi pada penurunan berat badan, mengurangi lonjakan gula darah, dan mengurangi risiko penyakit lain yang terkait dengan kandungan gula darah.

 

5. Mengurangi kolesterol
Memakan buah alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol seperti LDL dan tringliserida. Kolesterol jahat sendiri selama ini jadi penyebab utama penyakit jantung yang merupakan penyakit paling mematikan di dunia.

 

Selain itu, manfaat buah alpukat untuk dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL hingga 11%.

 

Baca Juga: Hobi Buah Pisang! Nih Manfaatnya Bagi Kesehatan

 

6. Lebih bugar
Sebuah studi di Amerika Serikat mengamati kebiasaan orang yang makan alpukat. Mereka menganalisis data dari 17.567 peserta dalam survei tersebut, bahwa mereka yang mengonsumsi alpukat ternyata jauh lebih sehat daripada orang yang tidak makan buah ini.

 

Mereka memiliki asupan nutrisi yang jauh lebih tinggi. Tak hanya itu, orang yang makan alpukat secara teratur juga memiliki berat badan yang lebih rendah.

 

7. Membantu penyerapan nutrisi
Manfaat buah alpukat untuk kesehatan berikutnya adalah buah ini membantu sistem pencernaan dalam penyerapan nutrisi makanan. Ini karena kandungan lemaknya yang besar.

 

Beberapa nutrisi yang masuk ke tubuh hanya bisa larut dalam lemak, artinya perlu dicampur dengan lemak agar bisa dimanfaatkan. Vitamin A, D, E dan K larut dalam lemak, bersama dengan antioksidan seperti karotenoid.

 

8. Kesehatan mata
Siapa sangka jika manfaat buah alpukat untuk kesehatan juga menyasar mata. Alpukat tidak hanya meningkatkan penyerapan antioksidan dari makanan lain, tetapi juga antioksidan yang tinggi.
Ini termasuk karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang sangat penting untuk kesehatan mata. Buah ini bisa mencegah terjadinya katarak mata.

 

9. Cegah kanker
Dalam sebuah penelitian, ekstrak alpukat juga telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker prostat di laboratorium.

 

Hal ini menunjukan, kalau avocado bisa berguna untuk pencegahan kanker. Bahkan, buah ini juga disebut sebagai salah satu obat untuk membantu penyembuhan kanker.

 

10. Meringankan gejala arthritis
Arthritis adalah masalah umum di negara-negara maju. Ada banyak jenis gejala penyakit ini, yang seringkali merupakan masalah kronis yang dialami orang selama sisa hidup mereka atau di masa tua.

 

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ekstrak minyak alpukat dapat mengurangi osteoartritis. Ini sebabnya, alpukat sangat direkomendasikan untuk para lansia.

 

11. Mengurangi berat badan
Meski berlemak, salah satu manfaat buah alpukat adalah untuk mengurangi berat badan. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan alpukat dalam menu makanannya merasa 23% lebih kenyang dan memiliki keinginan 28% lebih rendah untuk makan lagi selama 5 jam berikutnya.

 

Manfaat dari buah alpukat juga tinggi serat dan sangat rendah karbohidrat, dua atribut yang juga membantu menurunkan berat badan, setidaknya dalam konteks diet sehat berbasis makanan.

 

12. Makanan lezat
Selain kaya nutrisi, manfaat buah alpukat tentu dari rasanya yang lezat. Buah ini merupakan buah yang cocok untuk berbagai jenis campuran makanan.

 

Alpukat dapat ditambahkan ke salad dan berbagai resep lain. Ini karena alpukat memiliki tekstur yang lembut, kaya, berlemak dan menyatu dengan baik dengan bahan lainnya.

 

Itulah segudang manfaat buah alpukat untuk kesehatan, termasuk manfaat buah alpukat untuk ibu hamil, hingga untuk kebutuhan diet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *