Lanjut baca artikel
Dellik Desa

Cegah Banjir Genangi Permukiman Warga, Kades Gintung Sukadiri Bersihkan Saluran Air

admin dellik
214
×

Cegah Banjir Genangi Permukiman Warga, Kades Gintung Sukadiri Bersihkan Saluran Air

Sebarkan artikel ini
Cegah Banjir Genangi Permukiman Warga, Kades Gintung Sukadiri Bersihkan Saluran Air
Warga RT 17 / RW 03, Desa Gintung, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Kerja Bakti Membersihkan Saluran Air. (Istimewa)

KABUPATEN TANGERANG, DELLIK.ID – Dalam upaya melakukan pencegahan banjir, Kepala Desa Gintung, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, mengerahkan warga, RT dan RW untuk membersihkan saluran air. Minggu (29/1/2023).

 

 

Kepala Desa Gintung Sunarto mengatakan, hal itu ia lakukan sebagai bentuk mitigasi bencana dan memupuk kekompakan warga yang ada di wilayahnya terkhusus di wilayah RT 17 / RW 03. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan kerja bakti lingkungan ini untuk mengangkat sampah dan lumpur yang ada di saluran pembuangan air limbah rumah tangga, hal itu dilakukan agar tidak ada penyumbatan dan mengakibatkan banjir saat musim penghujan.

 

 

“Sebelum timbul masalah dilingkungan khususnya air got meluap dan menggenangi pekarangan rumah, untuk kita intruksikan RW, RT dan warga untuk kerja bakti mengangkat lumpur dan sampah yang menyumbat,” kata Sunarto kepada dellik.id, Minggu (28/1/2023).

 

Baca Juga: Persawahan Petani di Sukadiri Tangerang Terendam Banjir, Petani: Potensi Gagal Panen

 

Sunarto menambahkan, pihaknya memastikan agar tidak ada lagi sumbatan-sumbatan di dalam saluran air tersebut, pihaknya mengaku, melakukan pembongkaran saluran yang sudah tertutup jalan demi memastikan air akan mengalir hingga ke hilir.

 

 

“Jangan sampai ada air yang menggenang lagi di saluran, semuanya harus bersih dan dipastikan benar-benar mengalir,” ujarnya.

 

 

Ia pun berharap, kegiatan kerja bakti ini dapat rutin dilakukan di wilayahnya. Untuk itu pihaknya pun meminta kepada RT dan RW untuk membuat agenda yang dimusyawarahkan bersama warga demi terwujudnya lingkungan bersih dan rapih.

 

 

“Saya akan cek nanti perwilayah, RT sama RW nya aktif tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat bermanfaat. Jangan sampai gara-gara air got warga sama warga tidak harmonis,” ungkapnya.

 

 

Selain itu, pihaknya pun meminta, agar warga tidak membuang sampah sisa makanan ataupun sampah rumah tangga kedalam saluran air. Hal itu ia pinta demi terjaganya lingkungan yang bersih dan terbebas dari sampah.

 

 

“Mudah-mudahan tidak ada lagi warga yang buang sampah sembarangan dan sama-sama sadar bahwa menjaga kebersihan adalah tanggung jawab bersama,” pungkasnya.

(Nuryadi/Ade Maulana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *