Lanjut baca artikel
Pendidikan

Ciptakan Pola Hidup Bersih, Zaki Iskandar: Sanitasi Aman Investasi Masa Depan

admin dellik
129
×

Ciptakan Pola Hidup Bersih, Zaki Iskandar: Sanitasi Aman Investasi Masa Depan

Sebarkan artikel ini
Ciptakan Pola Hidup Bersih, Zaki Iskandar: Sanitasi Aman Investasi Masa Depan
Ahmed Zaki Iskandar (Tengah) pada acara City Sanitation Summit (CSS) XX yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Kabupaten Tangerang, Rabu (7/09/2022).

 

KABUPATEN TANGERANG, DELLIK.ID – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar membeberkan salah satu keberhasilan program unggulannya terutama keberhasilan dalam perbaikan Sanitren, Sanisek, sanitasi lingkungan perumahan serta perkampungan.

 

 

 

“Dulu ketika pertama kali menjadi bupati tahun 2013, salah satu RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) program unggulan kita adalah Sanisek,” kata Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar pada acara City Sanitation Summit (CSS) XX yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Kabupaten Tangerang, Rabu (7/09/2022).

 

 

 

Tema yang dipilih untuk CSS XX adalah ‘Sanitasi Aman Investasi Masa Depan’ di mana Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumah acara tersebut. Menurut dia, untuk bisa menciptakan pola hidup bersih, perlu dibentuk di tempat yang paling sering dikunjungi anak-anak, yaitu sekolah. Dengan begitu, anak-anak bisa menjadi agent of change atau agen perubahan.

 

 

 

“Bagaimana kita bisa mengubah pola hidup masyarakat kita, anak-anak kita pergi ke sekolah tempat mereka mendapatkan pendidikan akademis dan pembangunan karakter, ini sekolah tempatnya,” ujarnya.

 

 

Baca Juga: Pemkab Tangerang Kejar Target, 496 Unit Sanitren Selesai Dibangun Pada Akhir Tahun 2022

 

Salah satu perubahan besar perbaikan sanitasi adalah dengan penataan toilet yang ditempatkan di samping gerbang sekolah dengan keadaan bersih. Pasalnya, toilet sekolah selama ini dapat dibilang kotor.

 

 

 

“Saya lihat ada sesuatu yang kita perlu perbaiki hari ini, besok dan untuk masa depan, dan ini adalah anak-anak. Sesuai dengan tema CSS, Sanitasi Aman Investasi Masa Depan,” ungkapnya.

 

 

Saat ini sudah 100 persen sekolah yang telah mendapatkan fasilitas tersebut, dari tingkat SD hingga SMA. Sementara untuk program lainnya adalah Sanitasi Pesantren. “Itu ada hampir 900 pesantren, sebagian besar sanitasi tidak layak, akhirnya melihat kondisi itu, ini yang kita lakukan agar investasi masa depan sanitasi ini benar-benar berjalan,” tutup dia.

 

 

 

Baca Juga: Bupati Tangerang Perkenalkan Strategi Sanisek Kepada Kepala Daerah Dalam Acara AHL

 

 

 

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) Syarif Fasha menyampaikan kebanggaannya atas kiprah Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar terkait program pembangunan sanitasi yang baik. Kabupaten Tangerang sendiri menjadi model sanitasi yang baik.

 

 

 

Syarif pun berpesan kepada Bupati Tangerang agar bersedia menjadi pendamping daerah lain agar mampu meningkatkan sanitasi di wilayahnya. “AKKOPSI sepakat Kabupaten Tangerang menjadi rujukan nasional sanitasi aman, investasi masa depan. Kalau nanti banyak tamu harus sabar saja, itu risiko menjadi pilot project,” kata Syarif.

(Ade Maulana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *