Lanjut baca artikel
Pendidikan

Gebyar Hari Besar Nasional, Ratusan Siswa Se-Banten Unjuk Bakat di SMKN 5 Kabupaten Tangerang

Ade Maulana
310
×

Gebyar Hari Besar Nasional, Ratusan Siswa Se-Banten Unjuk Bakat di SMKN 5 Kabupaten Tangerang

Sebarkan artikel ini
Gebyar Hari Besar Nasional, Ratusan Siswa Se-Banten Unjuk Bakat di SMKN 5 Kabupaten Tangerang
Kepala Dindikbud Banten, Dr. H. Tabrani, M.Pd (Baju PDH) Didampingi Kepala SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang, Surta Wijaya, S.Kom. M.M. Saat Diwawancarai Awak Media. (Istimewa)

KABUPATEN TANGERANG, DELLIK.ID Dalam rangka memperingati Hari Besar Nasional (PHBN) 2023, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) menggelar acara gebyar hari besar nasional di SMKN 5 Kabupaten Tangerang, Rabu (8/11/2023).

 

ADVERTISING
SCROOL UNTUK LANJUT BACA

 

Acara yang diisi dengan lomba debat, cipta baca puisi, monolog, antusias diikuti oleh ratusan siswa SMA, SMK dan MA Se-Provinsi Banten. Dimana seluruh peserta saling berlomba unjuk bakat memperebutkan piala Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) serta piala Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten (KBPB).

 

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Dr. H. Tabrani, M.Pd. mengatakan, gebyar hari besar nasional tahun 2023 resmi kita buka di SMKN 5 Kabupaten Tangerang pada hari ini. Ada 5 hari besar yang disatukan dan diikuti oleh seluruh sekolah tingkat menengah atas atau sederajat se-Provinsi Banten yaitu bulan bahasa, sumpah pemuda, hari pahlawan, hari batik dan hari wayang.

 

 

“Ada 5 hari besar nasional yang dikemas dalam satu kegiatan namanya Gebyar Hari Besar Nasional. Banyak kegiatan positif yang bisa ditunjukan oleh masing-masing perwakilan sekolah dalam acara ini,” kata Kepala Dindikbud Banten, Dr. H. Tabrani, M.Pd. saat diwawancarai dellik.id usai membuka acara gebyar hari besar nasional di halaman SMKN 5 Kabupaten Tangerang, Rabu (8/11/2023).

 

 

Selain itu, dengan diadakannya lomba pada kegiatan tersebut ia berharap mampu memupuk prestasi dan menanamkan nilai-nilai kepahlawanan, semangat jiwa muda, semangat berbudaya dan berbahasa yang baik.

 

 

“Dari perlombaan tingkat Provinsi Banten ini, tidak jarang siswa atau siswi berprestasi yang melaju ke jenjang lomba tingkat nasional,” ujarnya.

Baca Juga: Top, SMK Negeri di Banten Raih Medali Emas dan Perunggu Diajang LKS Nasional 2023

 

 

Gebyar Hari Besar Nasional, Ratusan Siswa Se-Banten Unjuk Bakat di SMKN 5 Kabupaten Tangerang
Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten, Asep Juanda, M.Hum Saat Diwawancarai Awak Media Usai Memantau Pelaksanaan Gebyar Hari Besar Nasional di SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang. (Istimewa)

 

 

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten, Asep Juanda, M.Hum mengatakan, pihaknya mengapresiasi terlaksananya kegiatan gebyar hari besar nasional Provinsi Banten yang digelar di SMKN 5 Kabupaten Tangerang. Menurut Asep, salah satu kegiatan yang diselenggarakan yaitu bulan bahasa yang bertepatan dengan hari sumpah pemuda pada bulan Oktober lalu. Dimana pada ikrar ketiga sumpah pemuda berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”.

 

 

“Negara Indonesia belum ada, bahasa Indonesia belum ada akan tetapi sangat luar biasa para pemuda terdahulu menggagas bahasa persatuan adalah bahasa Indonesia, untuk itu momentum bulan bahasa ini patut kita jadikan sebagai hari besar nasional,” ucap Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten, Asep Juanda, M.Hum.

 

 

Sementara itu, Kepala SMKN 5 Kabupaten Tangerang, Surta Wijaya, S.Kom., M.M. mengungkapkan, bahwa pihaknya sangat bangga dengan diselenggarakannya gebyar hari besar nasional di sekolahnya. Ia mengungkapkan seluruh sekolah SMA, SMK dan MA yang ada di provinsi banten sangat antusias mengikuti rangkaian acara tersebut. Tidak hanya itu, acara ini pun dianggap mampu menyalurkan seluruh bakat para siswa.

 

 

“Tujuan gebyar hari besar nasional ini adalah menggugah rasa kebangsaan, nasionalisme dan menyalurkan seluruh bakat para siswa di sini,” ungkapnya.

 

 

Ia pun berharap, acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar hingga puncak acara besok. “Alhamdulillah acara ini didukung juga oleh berbagai pihak, semoga lancar sampai puncak acaranya besok,” pungkasnya. (Ade Maulana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *