Lanjut baca artikel
Kesehatan

IDI Tangerang dan Banten Minta RUU Kesehatan Dibatalkan

admin dellik
149
×

IDI Tangerang dan Banten Minta RUU Kesehatan Dibatalkan

Sebarkan artikel ini
IDI Tangerang dan Banten Minta RUU Kesehatan Dibatalkan
Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Tenaga Kesehatan Demo Tolak RUU Kesehatan di Monas, Jakarta Pusat.

JAKARTA, DELLIK.ID – Ratusan dokter yang tergabung kedalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tangerang dan Banten berunjuk rasa di depan tugu Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Kedatangannya bersama Tenaga Kesehatan (Nakes) tersebut meminta agar RUU Kesehatan Dibatalkan. Selasa (9/5/2023).

 

ADVERTISING
SCROOL UNTUK LANJUT BACA

Diketahui, selain menggelar aksi di Monas, ribuan massa dari organisasi profesi kesehatan itu pun melanjutkan aksinya di depan gedung kementerian kesehatan agar tuntutannya tersebut dapat disampaikan kepada wakil rakyat di DPR RI.

 

“RUU Kesehatan harus dibatalkan, karena di dalam rancangannya itu masih banyak kesalahan untuk itu kami suarakan kepada wakil rakyat,” kata Koordinator Lapangan IDI cabang Tangerang dalam keterangan tertulisnya kepada dellik.id, Rabu (10/5/2023).

 

Baca Juga: Adu Mulut, Kades di Banten Tewas Disuntik Cairan Oleh Mantri

 

Menurutnya, terdapat masalah dalam RUU Kesehatan yang berstatus inisiatif pemerintah tersebut. Sebab, kedepan persoalan isu medis, kesalahan medis serta kelalaian medis akan menimbulkan resiko pidana bagi Nakes akibat ketidakpahaman perbedaan tersebut.

 

“Hal itu menimbulkan ketakutan bagi kami yang melakukan tugas, apalagi ada ancaman sanksi pidananya hingga 10 tahun,” ujarnya.

 

Pihaknya pun mengklaim, bahwa aspirasi yang disampaikannya tersebut semata untuk kepentingan masyarakat. “Ada kondisi yang berkaitan dengan kesehatan rakyat, hal itu menjadi tanggungjawab profesi kami,” pungkasnya.

 

Sekedar informasi, aksi damai tersebut diikuti oleh PB IDI, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

(Ade Maulana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *