Lanjut baca artikel
Kesehatan

Ini Bahaya Berbuka Puasa Dengan Gorengan Menurut Ahli

admin dellik
111
×

Ini Bahaya Berbuka Puasa Dengan Gorengan Menurut Ahli

Sebarkan artikel ini
Ini Bahaya Berbuka Puasa Dengan Gorengan Menurut Ahli
Sajian Gorengan Sebagai Menu Berbuka Puasa. (Instagram)

BANTEN, DELLIK.ID – Siapa yang tak suka dengan gorengan? Hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini. Gorengan memiliki cita rasa gurih, tekstur yang cocok di lidah dan harga sangat terjangkau. Bagi beberapa orang, gorengan adalah menu wajib harian. Termasuk menu wajib saat berbuka dan sahur di bulan Ramadan.

 

Tapi perlu kita tahu, di balik rasanya yang lezat, ternyata gorengan sangat tidak sehat. Gorengan adalah makanan yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi sehari-hari atau menu buka puasa. Kenapa? Para ahli menemukan jika gorengan bisa meningkatkan kadar lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Mengutip dari fimela.com

Gorengan bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan. Apalagi, jika menu ini dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa saat perut kosong. Berikut masalah kesehatan yang mungkin timbul akibat makan gorengan saat berbuka:

 

Bahaya pertama adalah terganggunya sistem pencernaan. Ini mengingat bahwa gorengan mengandung lemak trans yang sulit dicerna. Gorengan juga bisa mengganggu terserapnya zat gizi lain ke dalam tubuh.

 

Baca Juga: Buah Alpukat Baik Untuk Kesehatan, Ini Manfaat Yang Jarang Diketahui

 

Menurut studi pada 1997 di yang diterbitkan di The American Journal of Clinical Nutrition, kandungan lemak dalam gorengan bisa memicu meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh. Ketika kolesterol jahat meningkat, ini bisa menyebabkan berbagai macam penyakit mematikan termasuk jantung dan diabetes.

 

Makanan yang digoreng, mengandung lebih banyak kalori dari makanan yang tidak digoreng. Karena mengandung banyak kalori, tentu ini bisa menyebabkan obesitas. Para ahli mengungkapkan jika sering makan gorengan, bisa meningkatkan risiko obesitas lebih tinggi.

 

Makan gorengan saat berbuka atau hari-hari biasa, juga lebih rentan meningkatkan risiko kanker. Hal ini karena gorengan berpotensi mengandung akrilamida. Akrilamida terbentuk oleh reaksi kimia antara gula dan asam amino yang disebut asparagin. Konsentrasi akrilamida yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker.

 

Mengonsumsi gorengan saat berbuka juga sangat memungkinkan kita mengalami masalah kesehatan tenggorokan. Setelah berpuasa selama seharian, tenggorokan akan lebih kering. Jika kita makan gorengan, ini akan membuat tenggorokan lebih kering bahkan radang.

 

Itulah sekian bahaya mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa. Yuk, hindari agar beragam bahaya ini tak mengintai. Semoga informasi ini bermanfaat. (Ade Ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *