Kelompok Tani Salika Desa Rawakidang Gotong Royong Bersihkan Saluran Irigasi

Kelompok Tani Salika Desa Rawakidang Gotong Royong Bersihkan Saluran Irigasi
Kelompok Tani Salika Kerja Bakti Membersihkan Saluran Irigasi Tersier, Rabu (3/08/2022). Istimewa

KABUPATEN TANGERANG, DELLIK.ID – Sebanyak 50 orang petani yang tergabung kedalam anggota kelompok tani Salika gotong royong membersihkan saluran irigasi tersier sepanjang 200 meter di Desa Rawakidang, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Rabu (3/08/2022).

 

Bacaan Lainnya

Ketua kelompok tani Salika, Abdul Luzen mengatakan, bahwa kegiatan normalisasi saluran irigasi yang dilakukan oleh anggota kelompoknya merupakan upaya persiapan dalam menyambut musim tanam padi. Hal itu dilakukan agar pasokan air yang mengalir ke persawahan milik petani stabil dan tanpa ada sumbatan.

 

“Mau mulai nanam padi, jadi saluran irigasi tersier kita angkat lumpur dan sampahnya supaya air lancar,” kata pria yang akrab disapa Uzeng kepada dellik.id, Rabu (3/08/2022).

 

Baca Juga: Keren, Camat Sukadiri Akan Pertahankan Lahan Pangan Berkelanjutan dan Meningkatkan Hasil Pertanian

 

Lanjut Uzeng, pihaknya berharap setelah irigasi selesai dibersihkan nantinya pasokan air maksimal masuk ke lahan persawahan dan menimbulkan kesuburan pada padi itu sendiri.

 

“Mudah-mudahan hasil panen melimpah nantinya, dan ga ada lagi yang membuang sampah sembarangan ke saluran irigasi,” ujarnya.

 

Pihaknya berharap, lahan pangan berkelanjutan yang ada di Kecamatan Sukadiri selalu terjaga, serta mendapatkan kepastian Pemerintah Daerah untuk menjadi salah satu lahan pangan abadi yang ada di Kabupaten Tangerang.

 

“Warga Kecamatan Sukadiri mayoritas sebagai petani, makan dan membiayai anak-anak dari hasil pertanian,” ungkapnya. (Ade Maulana)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *