Lanjut baca artikel
https://dellik.id/wp-content/uploads/2024/11/IMG-20241124-WA0010-min.jpg
Religi

Rakaat Sholat Tarawih dan Tradisi Sholat Tarawih Cepat 

×

Rakaat Sholat Tarawih dan Tradisi Sholat Tarawih Cepat 

Sebarkan artikel ini
Rakaat Sholat Tarawih dan Tradisi Sholat Tarawih Cepat 
Ilustrasi Sholat Tarawih Berjamaah. (Int)

KABUPATEN TANGERANG, DELLIK.ID Salah satu amalan sunah yang rutin dilakukan umat muslim di setiap malam puasa ramadan ialah sholat tarawih. Sholat sunah tersebut dapat dilakukan secara berjamaah maupun dikerjakan sendiri di rumah.

Jumlah Rakaat Tarawih

Jumlah rakaat sholat tarawih maksimalnya adalah 20 rakaat, akan tetapi jika ada seseorang yang meringkas jumlah rakaat sholat tarawih kurang dari 20 rakaat maka hukumnya tetap sah dan tetap mendapatkan pahala sholat sunah itu sendiri.

 

Akan tetapi, menurut sebagian pendapat ulama (fiqih syafi’iyah) hukumnya tidak sah jika sholat tarawih kurang dari 20 rakaat. Karena sholat tarawih harus 20 rakaat. [Refrensi Kitab Syarah Al-Yaqutun’nafis Karya Sayid Muhamad halaman 43].

كتاب شرح الياقوت النفيس للسيد محمد بن احمد الشاطرى صحيفة ٤٣؛ _صَلَاةُ التَّرَاوِيْحِ عِشْرُوْنَ رَكَعَةً اَىْ اَكْثَرُهَا ذَلِكَ فَلَوْ اِقْتَصَرَ عَلَى بَعْضِ الْعِشْرِيْنَ صَحَّ وَاُثِيبَ عَلَيْهِ  ثَوَابَ التَّرَاوِيْحِ . وَقِيْلَ لَا_

 

Pendapat lain tentang jumlah rakaat:

– Sholat sunnah tarawih 11 rokaat tapi dengan rukun tuma’ninah serta hatam 11 juz.

– Sholat sunnah tarawih 20 rakaat dengan sangat cepat sehingga meninggalkan tuma’ninah rukun sholat, serta selama sholat tarawihnya hanya hatam 1 juz.

 

Sholat Tarawih Cepat

 

Tradisi melakukan sholat tarawih dengan sangat cepat tergolong sesuatu yang Bid’ah (tidak dikerjakan nabi).

 

 كتاب النصاءح الدينية للسيد عبدالله الحداد صحيفة ٣٨؛ _فَلْيَحْذَرْ مِنَ التَخْفِيْفِ الْمُفْرِطِ الّذِىْ يَعْتَادُهُ كَثِيْرٌ مِنَ الْجَهَلَةِ فِى صَلَاتِهِمْ لِلتَّرَاوِيْحِ حَتَى رُبَّمَا يَقَعُوْنَ بِسَبَبِهِ فِى الاِخْلَالِ بِشَيْءٍ مِنَ الْوَاجِبَاتِ مِثْلُ تَرْكِ الطُّمَاءْنِيْنَةِ فِى الرُّكُوْعِ وَالسُّجُوْدِ وَتَرْكِ قِرَاةِ الْفَاتِحَةِ عَلَى وَجْهِ الّذِى لَا بُدَّ مِنْهُ بِسَبَبِ الْعُجْلَةِ.

 

وانظر فى كتاب بغية المسترشدين لعبد الرحمن بن محمد صحيفة ٦١؛  _وَاَمَّا التَّخْفِيْفُ الْمُفْرِطُ فِى صَلَاةِ التَّرَاوِيْحِ فَمِنَ الْبِدَاعِ الفَاشِيَةِ لِجَهْلِ الْاَءِمَّةِ وَتَكَاسُلِهِمْ وَمُقْتَضَى عِبَارَةِ التُّخْفَةِ اَنَّ الْاِنْفِرَادَ فِى هَذِهِ الْحَالَةِ اَفْضَلُ مِنَ الْجَمَاعَةِ…

 

Keterangan: Hendaknya dijauhi melakukan sholat tarawih dengan gerakan yang sangat cepat yang sudah menjadi tradisi orang awam, sehingga dengan melakukan sholat tarawih yang terlalu cepat tersebut dapat meninggalkan “tuma’ninah” baik didalam ruku’ maupun didalam sujud, bahkan terkadang juga sampai meninggalkan bacaan-bacaan yang wajib (seperti makhorijul-huruf & tasydid-tasydid), dalam surat Al-Fatihah, disebabkan terlalu terburu-buru melakukan sholat tarawih’nya. [Refrensi ini dari kitab Nashoihu-diniyah karya Sayid Abdullah Al-haddad halaman 38].

 

Penjelasan yang sama dalam kitab Bugyah-Mustarsyidin karya Syaikh Abdurrohman bin Muhamad halaman 61.

Baca Juga: Kajian Ramadan Ponpes Al-Baghowi: Makna Sahur dan Keberkahannya

 

Melakukan sholat tarawih dengan gerakan yang sangat cepat adalah termasuk bagian dari Bid’ah (baru) yang sudah mentradisi, dimungkinkan karna kemalasan imam sholat tarawih. Tuntutan keterangan dalam kitab Tuhfah; bahwa sholat tarawih sendirian dalam keadaan tersebut itu lebih baik dari pada sholat tarawih berjamaah dengan imam yang sangat cepat, dan apabila ma’mum mempunyai asumsi yang kuat bahwa seorang imam tidak menyempurnakan rukun-rukun sholat seperti tuma’ninah, maka berma’mum dengan imam yang seperti itu tidak dihukumi sah sama sekali.

Editor: Ade Maulana

Sumber: Kajian Ramadan Pondok Pesantren Al-Baghowi, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *