Ratusan Warga Desa Sukadiri Tangerang Mendaftar Program Prakerja

Ratusan Warga Desa Sukadiri Tangerang Mendaftar Program Prakerja
Pendaftaran Program Prakerja di Desa Sukadiri, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang. (Istimewa)

KABUPATEN TANGERANG, DELLIK.ID – Berbagai upaya membangkitkan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19 dilakukan pemerintah dengan berbagai hal, salah satunya dengan meluncurkan program prakerja sebagai pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk mencari kerja, pekerja terkena PHK ataupun pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

 

Bacaan Lainnya

Dalam upaya mendukung upaya yang dilakukan Pemerintah Pusat itu pun, Pemerintah Desa Sukadiri, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang membuka pendaftaran gratis pendaftaran program prakerja bagi masyarakatnya di Aula Kantor Desa, Kamis (9/2/2023).

 

Kepala Desa Sukadiri Salim mengatakan, bahwa antusias warganya untuk mendaftarkan diri sebagai peserta prakerja sangat tinggi, terbukti pada hari pertama dibuka pendaftaran tersebut, tercatat 300 orang telah mendaftar.

 

“Hari pertama sudah ada 300 orang yang daftar dan masih ada sekitar 200 quota lagi yang diperlukan,” kata Kepala Desa Sukadiri Salim kepada dellik.id, Kamis (9/2/2023).

 

Salim menjelaskan, bahwa syarat pendaftaran program itu sendiri sangatlah mudah, masyarakat cukup membawa photo copy e-KTP, Kartu Keluarga serta mencantumkan nomor telepon dan email aktif. Dalam proses pendaftaran itu pun pihaknya menyebut tidak ada memungut biaya apapun.

 

“Gratis, tidak ada pungutan biaya. Tinggal bawa persyaratan lengkap aja bawa ke kantor desa,” ungkapnya.

 

Ia menambahkan, proses pendaftaran program tersebut pun dilakukan secara bertahap, dimana bagi masyarakat yang belum mendaftarkan diri bisa menyusul pada tahapan berikutnya. “Bisa menyusul bagi yang belum mendaftar, nanti diinfokan oleh RT masing-masing,” ujarnya.

 

Setelah terdaftar, kata Salim, nantinya para peserta akan memperoleh pelatihan sebagai bentuk pengembangan kompetensi peningkatan kewirausahaan yang dilakukan secara daring.

 

“Selain dapat pelatihan, para peserta nantinya akan diberikan bantuan modal usaha oleh pemerintah yang dikirimkan melalui rekening peserta masing-masing,” ucapnya.

 

Sementara itu, salah satu warga Desa Sukadiri Siti Jamanah (38) mengatakan, pihaknya sangat senang dengan adanya program pemerintah pusat yang bisa diserap oleh masyarakat di desa. Hal itu menurutnya berkat ketangkasan kepala desa yang jeli akan informasi yang telah diterimanya.

 

“Kepala desanya pro aktif jadi ada program apa aja sampe ke warga. Nyoba ikhtiar aja dulu saya bang (warga menyebut wartawan) siapa tau data saya lolos verifikasinya,” katanya.

(Nuryadi/Ade Maulana)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Klo sudah kerja di pungut BruzzerRP,dan jadi pengikut pasukan Orange.bikin lupa waktu susah dan sulit cari kerja.