Lanjut baca artikel
Dellik Desa

Rogoh Kocek Pribadi, Kades di Kabupaten Tangerang Optimis Capai Target Desa Mandiri 2023

Ade Maulana
237
×

Rogoh Kocek Pribadi, Kades di Kabupaten Tangerang Optimis Capai Target Desa Mandiri 2023

Sebarkan artikel ini
Rogoh Kocek Pribadi, Kades di Kabupaten Tangerang Optimis Capai Target Desa Mandiri 2023
Ketua Apdesi DPC Kabupaten Tangerang, H. Maskota. (Istimewa)

KABUPATEN TANGERANG, Dellik.id – Kepala Desa di Kabupaten Tangerang yang tergabung kedalam Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) optimis akan mencapai target 100 desa mandiri pada tahun 2023. Keoptimisan tersebut disampaikan para kades saat melakukan rapat kerja bersama di Hotel Pesona Bamboo, Lembang Bandung, Jumat (25/11/2022).

 

Ketua DPC APDESI Kabupaten Tangerang, H. Maskota mengungkapkan, bahwa kegiatan rapat kerja dalam upaya melalukan evaluasi dan petunjuk teknis untuk mencapai target 100 Desa Mandiri di tahun 2023 mendatang bukan merupakan kegiatan hiburan dan acara ceremonial belaka. Namun patut diketahui pula, kegiatan yang dilaksanakan di Bandung tersebut dirogoh dari kantong pribadi para kepala desa. Hal itu disimpulkannya merupakan bukti keseriusan dan kekompakan kepala desa di kabupaten tangerang untuk mencapai goals nya di tahun 2023.

 

“Kenapa Raker kita lakukan di Bandung? Pingin tau mereka mau tidak datang untuk membangun strategi pencapaian 100 desa mandiri. Kedua, kalau mereka datang dengan transfortasi sendiri ataupun naik kendaraan umum itu sudah terbukti mereka mau bersungguh-sungguh, bahkan rela merogoh kocek pribadi karena kegiatan ini tidak menggunakan dana desa,” kata Ketua Apdesi Kab. Tangerang, H. Maskota kepada dellik.id, Sabtu (26/11/2022).

 

Baca Juga: Menuju 100 Desa Mandiri Tahun 2023, DPC Apdesi Kab Tangerang Gelar Rapat Kerja

 

Lanjutnya, sebagai informasi dalam UU No. 6 Tahun 2014, Desa Mandiri adalah desa yang mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas atau transportasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik.

 

Bahkan ditambahkannya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim pun pernah mengatakan kepadanya bahwa Kemendes PDTT terus memacu kinerja desa di Indonesia untuk mencapai status desa mandiri. Salah satunya dengan memberikan berbagai penghargaan khusus bagi desa yang memenuhi indikator status desa mandiri.

 

“Pak Menteri sudah menyampaikan secara virtual dalam kegiatan menyapa kepala desa yang mencapai desa mandiri,” ujarnya.

 

Saat ini belum ada 10% desa dari 6.038 desa yang ditetapkan sebagai desa mandiri. Untuk itu kabupaten tangerang merupakan salah satu kabupaten di indonesia yang berupaya mencapai kenaikan status itu.

 

“Kita (Kades di Kabupaten Tangerang) harus menjadi bagian dari kepala desa yang menerima penghargaan dari Pak Menteri Desa berupa lencana penghargaan bentuk logo Kemendes dalam bentuk lempeng warna emas yang akan dipadukan dengan tulisan desa mandiri diatas kain warna ungu. Ini harus kita buktikan bahwa kabupaten tangerang bisa,” ungkapnya. (Ade Maulana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *