Lanjut baca artikel
Kesehatan

RSUD Pakuhaji Tangerang Gunakan Metode TCM Untuk Deteksi Penyakit Tuberkulosis

admin dellik
122
×

RSUD Pakuhaji Tangerang Gunakan Metode TCM Untuk Deteksi Penyakit Tuberkulosis

Sebarkan artikel ini
RSUD Pakuhaji Tangerang Gunakan Metode TCM Untuk Deteksi Penyakit Tuberkulosis
Dokter Spesialis Patalogi Anatomi RSUD Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, dr. Gusti Saat Melakukan Pengecekan Penyakit Tuberkulosis Menggunakan Metode TCM. (Poto: Bagian Publikasi RSPH for dellik.id)

KABUPATEN TANGERANG, DELLIK.ID Demi meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, RSUD Pakuhaji, Kabupaten Tangerang terus melakukan inovasi. Kali ini, Rumah Sakit yang menjadi kebanggan masyarakat pantura tersebut menggunakan metode Tes Cepat Molekuler (TCM) dengan dokter spesialis Patalogi Anatomi untuk mendeteksi penyakit Tuberkulosis (TBC).

 

 

Direktur RSUD Pakuhaji, dr. Umie Kulsum, MM mengatakan, pihaknya menggunakan metode Tes Cepat Molekuler (TCM) berbasis nested real time tersebut untuk melakukan pengecekan Sputum atau dahak pasien penderita Tuberkulosis Paru secara cepat dan praktis.

 

 

“Alhamdulillah RSPH sekarang menggunakan metode TCM TB dengan dokter spesialis Patalogi Anatomi, dengan waktu cepat dapat mendeteksi bakteri mycobacterium dalam sample dahak pasien,” kata Direktur RSUD Pakuhaji, dr. Umie Kulsum, MM kepada dellik.id, Kamis (16/11/2023).

RSUD Pakuhaji Tangerang Gunakan Metode TCM Untuk Deteksi Penyakit Tuberkulosis
Pengecekan Dahak Metode Tes Cepat Molekuler di RSUD Pakuhaji.

Baca Juga: RSUD Pakuhaji Siap Layani Pengobatan Pasien Gangguan Jiwa 

 

Lanjut Umie, saat ini banyak pasien penderita Tuberkulosis Paru dari rumah sakit swasta dan Puskesmas yang dirujuk ke RSPH untuk diobati dan dilakukan pengecekan Sputum (dahak) melakui metode TCM yang ada di RSPH.

 

 

“Pasien ditangani oleh spesialis paru. Dahak dari Puskesmas dan rumah sakit swasta sekitar yang dikirim ke RSPH di cek melalui metode TCM oleh spesialis patologi anatomi,” ujarnya.

 

 

Selain itu, spesialis Patalogi Anatomi RSPH sudah dipercaya menjadi rujukan bagi rumah sakit swasta dan Puskesmas yang berada di sekitarnya, bahkan menurutnya tidak menutup kemungkinan kedepan RSPH akan menjadi rumah sakit rujukan penyakit kronis.

 

RSUD Pakuhaji Miliki Alat TCM dan Dokter Spesialis Patalogi Anatomi
Pengecekan Dahak Pasien Tuberkulosis Metode Tes Cepat Molekuler (TCM).

 

“Ini semua adalah upaya dan komitmen RSPH untuk melayani pasien penderita TBC Paru dengan metode TCM yang dimiliki,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *