Lanjut baca artikel
Berita

Solidaritas Mahasiswa Tangerang Gelar Aksi, Minta Negara Tutup PT Amman Mineral

admin dellik
303
×

Solidaritas Mahasiswa Tangerang Gelar Aksi, Minta Negara Tutup PT Amman Mineral

Sebarkan artikel ini
Solidaritas Mahasiswa Tangerang Gelar Aksi, Minta Negara Tutup PT Amman Mineral
Aksi Solidaritas Mahasiswa Tangerang Peduli NTB. (Istimewa)

KOTA TANGERANG, Dellik.id – Sejumlah mahasiswa yang mengatasnamakan Solidaritas Mahasiswa Tangerang menggelar seruan aksi di kawasan pendidikan Cikokol, Kota Tangerang, Selasa (20/12/2022).

 

Dalam orasinya, solidaritas mahasiswa tangerang mendukung aksi mogok makan massa AMANAT KSB di Komnas HAM melawan PT Amman Mineral Nusa Tenggara.

 

Humas aksi solidaritas mahasiswa tangerang, Shandy Martha Praja mengatakan, bahwa aksi turun ke jalan ini adalah sebagai bentuk solidaritas terhadap masyarakat di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sedang melakukan aksi mogok makan di Komnas HAM. Aksi yang dilakukan sebagai bentuk permintaan kepada Negara melalui Komnas HAM untuk segera melakukan investigasi terhadap para pekerja di PT Amman Mineral yang hilang dan meninggal dunia.

 

“Negara harus segera mengambil tindakan, investigasi hilang dan meninggalnya para pekerja di PT Amman Mineral,” kata Sandy saat diwawancarai dellik.id usai melakukan aksi di pusat pendidikan Cikokol, Tangerang, Selasa (20/12/2022).

 

Baca Juga: Ombudsman Sampaikan Hasil Kajian Sistemik, Cegah Maladministrasi Sektor Pertambangan

 

Shandy menambahkan, bahwa solidaritas mahasiswa tangerang akan terus melakukan aksi turun kejalan sampai apa yang menjadi tuntutan masyarakat NTB yang melakukan aksi mogok makan dikabulkan. Adapun tuntutan tersebut diantaranya:

 

1. Usut Tuntas Korban Jiwa dan Hilangnya Buruh di PT. AMNT

2. Transfaransi Dana CSR

3. Copot Jajaran Direktur PT. Amman Mineral

4. Menolak Keras Pembungkaman dan Pembatasan Buruh Untuk Berserikat

5. Tutup PT. Amman Mineral

“Pelanggaran PT Amman Mineral jelas melanggar konstitusi negara indonesia seperti amanat UUD 1945 yang termaktub dalam Pasal 28E Ayat 3 yang berbunyi setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat,” ujarnya.

 

Lanjutnya, PT Amman Mineral merupakan perusahaan yang dinasionalisasi dari PT Newmont Nusa Tenggara (NNT). Dimana diketahui bersama bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan terbesar kedua setelah Freeport. Sejatinya nasionalisasi sepatutnya untuk mensejahterakan masyarakat indonesia, khususnya masyarakat lokal yang berada di sekitar tambang tersebut. Hal tersebut justru berbanding terbalik, PT Amman Mineral justru diduga melakukan penindasan dan pelanggaran HAM dan hal lainnya.

 

“Bagaimana tidak, PT Amman Mineral ini malah membuang limbah merkuri sebesar 14 ton perhari ke laut NTB. Limbah berbahaya tersebut membuat kerusakan biota laut yang parahnya lagi menyulitkan nelayan untuk mencari ikan karena harus jauh berlayar dalam mencari ikan hingga ke samudera Australia,” ungkap pria asal Mauk Tangerang.

 

Tidak sampai disitu, persoalan dana CSR sebesar Rp120 miliyar tidak jelas kemana arahnya. Dimana seharusnya bisa saja dana CSR tersebut dialokasikan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas.

 

“Kalau dana CSR nya jelas, bisa melahirkan beberapa Sarjana Muda di sekitar area tambang yang dikelola PT Amman Mineral Nusa Tenggara. Untuk itu kita meminta transfaransi,” paparnya.

 

Diakhir, mahasiswa asal Forum Aksi Mahasiswa (FAM) Tangerang itupun mengajak seluruh elemen mahasiswa, pemuda, masyarakat untuk bersama-sama turut menyerukan tuntutan masyarakat NTB hingga sampai ke telingga Presiden Republik Indonesia.

 

“Jika hatimu bergetar melihat ketidakadilan maka kau adalah saudaraku,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Solidaritas Mahasiswa Tangerang merupakan komponen gabungan dari: FAM Tangerang, PMII Komisariat UMT, HMI MPO Cab Tangerang, Sempro, Bem Fisip UMT, Bem FAI UMT, Hima FAI UMT, KBM Raharja.

(Ade Maulana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *