Warga Berharap Pemkab Tangerang Realisasikan Penambahan SMP Negeri di Sukadiri

Warga Berharap Pemkab Tangerang Realisasikan Penambahan SMP Negeri di Sukadiri
Gedung Sekolah SMP Negeri. (Ilustrasi)

KABUPATEN TANGERANG, DELLIK.ID – Sejumlah stakeholder di Kecamatan Sukadiri berharap Pemkab Tangerang merealisasikan pengajuan penambahan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) guna pemenuhan dan pemerataan pelayanan pendidikan di wilayah kecamatan Sukadiri.

Kepala Desa Gintung, Kecamatan Sukadiri, Sunarto mengatakan, bahwa Kecamatan Sukadiri saat ini sudah menjadi Kecamatan yang berkembang, munculnya kawasan-kawasan permukiman baru di beberapa desa dan tingkat migrasi yang tinggi dari ibu Kota Jakarta serta dampak perluasan Bandara Soekarno Hatta dan ditambah berkembangnya area wisata kawasan Pantai Cituis, hal itu perlu mendapatkan perhatian untuk menambah sarana dan prasarana pendidikan.

Bacaan Lainnya

“Penduduk di Kecamatan Sukadiri sudah sangat padat, sementara sarana dan prasarana pendidikan terbatas,” kata Sunarto saat ditemui dellik.id di kediamannya, Senin (27/06/2022).

Baca Juga: SMPN 4 Bakal Didirikan di Teluknaga Tangerang

Lanjut Sunarto, gedung Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Sukadiri sudah tidak bisa menampung siswa-siswi lulusan SD maupun madrasah, apalagi dengan diberlakukannya sistem zonasi, hanya yang terdekat dengan sekolah tersebut saja yang mendapatkan prioritas untuk bisa bersekolah di SMP Negeri 1 Sukadiri, seperti peserta didik dari Desa Sukadiri, Desa Rawakidang, Desa Pekayon dan Desa Karang Serang. Sedangkan Desa lainnya yang masih berada di lingkup Kecamatan Sukadiri seperti Desa Gintung, Desa Buaran Jati, Desa Mekar Kondang dan Desa Kosambi sulit untuk bisa masuk di sekolah negeri tersebut.

“Saya rasa Pemkab Tangerang segera merealisasikan usulan penambahan sekolah SMP Negeri di Kecamatan Sukadiri yang sejak November 2021 lalu permohonan dan kajiannya sudah diajukan kepada Dinas Terkait,” ujarnya.

Sunarto berharap, untuk memperoleh kesempatan yang sama sebagai warga negara terutama dibidang pendidikan, maka di Kecamatan Sukadiri sangat dibutuhkan tambahan sarana gedung pendidikan SMP Negeri kembali.

“Di Kecamatan Sukadiri sekolah SMP Negeri cuma satu, jadi sudah sepatutnya untuk pemenuhan dan pemerataan harus didirikan SMPN 2 Sukadiri sebagai solusinya,” harapnya

Sementara, Tokoh Masyarakat Kecamatan Sukadiri Nurhasim mengatakan, bahwa kecerdasan masyarakat dapat terbangun melalui sistem pendidikan nasional yang sudah kita sepakati sebagai pedoman bersama, untuk itu, penambahan sekolah SMP Negeri di Kecamatan Sukadiri sudah sangatlah urgensi. Pasalnya, sesuai amanah Undang-Undang RI Tahun 1945 Pasal 31 ayat 3 yang berbunyi “Pemerintah Mengusahakan Dan Menyelenggarakan Satu Sistem Pendidikan Nasional Yang Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Serta Akhlak Mulia Dalam Rangka Mencerdaskan Bangsa, Yang Diatur Dalam Undang-Undang”.

“Hak bagi warga negara untuk mendapatkan pendidikan dan pemerintah wajib membiayainya, untuk mendapatkan hal tersebut tentu diperlukan adanya sarana dan prasarana yang layak dan penempatannya yang merata sesuai azas pemerataan,” ungkapnya.

Ditambahkan Nurhasim, lokasi untuk pengadaan gedung sekolah SMP Negeri 2 Sukadiri yang pada 2021 lalu diajukan sangatlah cocok dan strategis letaknya. Selain itu keberadaan sekolah tersebut nantinya akan menjadi ikon baru yang juga menjadi solusi bagi kehawatiran para orang tua murid saat menjelang pendaftaran anaknya kejenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Lokasinya nempel dengan jalan raya (Desa Gintung_red) dan dekat pertigaan ke akses Kecamatan Sukadiri yang bisa menampung siswa-siswi dari 4 desa yang tidak tertampung di SMPN 1 Sukadiri,” paparnya.

“Kalau orang nanti mau ke Kecamatan Sukadiri, Pantai Karang Serang, BP2IP, sangat mudah patokannya bukan lagi kali item atau kali bau, tapi SMPN 2 Sukadiri,” tukasnya.

Terpisah, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Tangerang, Munawir Khoirul Basri SE. MM mengatakan, bahwa pihaknya akan mengawal dan mendukung apa yang telah diusulkan oleh masyarakat Kecamatan Sukadiri kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang untuk memiliki sekolah SMP Negeri tambahan, dan pihaknya menyampaikan akan mengusulkan pengalokasian dalam pembahasan APBD 2023 Oktober mendatang.

“Pembahasan APBD 2023 bulan September atau Oktober langsung saya minta nanti alokasi untuk pengadaan gedung sekolah SMP Negeri 2 Sukadiri,” pungkasnya. (Ade Maulana)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *