Lanjut baca artikel
Kesehatan

Wujudkan Lansia Tangguh, Kades Jatiwaringin Mauk Gelar BKL

Ade Maulana
50
×

Wujudkan Lansia Tangguh, Kades Jatiwaringin Mauk Gelar BKL

Sebarkan artikel ini
Wujudkan Lansia Tangguh, Kades Jatiwaringin Mauk Gelar BKL
Pemberian Susu dan Gula Rendah Kalori untuk Lansia di Desa Jatiwaringin, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. (Poto: Ade Maulana/Dellik.id)

KABUPATEN TANGERANG, DELLIK.ID Dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi keluarga yang memiliki orang tua lanjut usia, Kepala Desa Jatiwaringin, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, menggelar acara Bina Keluarga Lansia (BKL), Jumat, 17 Mei 2024.

 

Kegiatan Bina Keluarga Lansia (BKL) bidang pemberdayaan masyarakat digelar di Aula Kantor Desa Jatiwaringin antusias dihadiri oleh puluhan warga lanjut usia, serta dihadiri Pendamping Lokal Desa, Ketua TP PKK Desa Jatiwaringin, Bidan Desa, Koordinator Lansia Puskesmas Mauk dan Babinsa.

 

Kepala Desa Jatiwaringin, Kecamatan Mauk, Hasan Bahri mengatakan, bahwa Bina Keluarga Lansia merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkelompok dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dan menjadikan para Lansia Tangguh di Desanya.

 

Selain itu, BKL juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup lansia, dimulai dari usia lansia awal 44-45 tahun, pra lansia 56-59 tahun hingga lansia yang usianya lebih dari 60 tahun.

Baca Juga: Buka Gerakan Kesehatan, Sekda Harap Lansia Jaga Kesehatan dan Produktifitasnya

 

“Kader BKL nantinya akan melakukan penyuluhan, temu keluarga, kunjungan rumah, rujukan, pencatatan dan pelaporan, monitoring dan evaluasi. Dengan kepedulian para kader akan terbentuk lansia yang produktif dan meningkatkan kesejahteraan lansia,” kata Kades Jatiwaringin, Hasan Bahri, Jumat, 17 Mei 2024.

 

Sementara itu, Kepala Seksi Bimbingan dan Pengawasan (Kasie Binwas) Kecamatan Mauk, Desi Sitompul mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi Pemerintah Desa Jatiwaringin yang telah mengalokasikan Dana Desa untuk kegiatan pembinaan Lansia. Hal itu kata dia, sebagai salah satu wujud kepedulian kepala desa terhadap masyarakatnya terkhusus orang tua lanjut usia.

 

Senada, Bidan Desa Jatiwaringin pada Puskesmas Mauk, Yanti Apriyanti dalam pemaparan materinya menyampaikan, bahwa saat ini pengecekan kesehatan bagi Lansia dapat dilakukan di Posyandu Lansia yang berada di tingkat desa, hal itu sebagai upaya pemeritah dalam memberikan kemudahan masyarakat dalam menerima layanan kesehatan.

 

“Sekarang ibu-ibu atau bapak-bapak (Lansia) setiap bulan bisa ke Posyandu Lansia yang dilaksanakan secara bergilir oleh Puskesmas. Jadi, kalau mau ngecek tensi darah, gula darah tidak perlu lagi ke Puskesmas karena di Posyandu Lansia juga ada layanan itu,” ucap Yanti Apriyanti dalam pemaparan materinya dihadapan Lansia.

 

“Mudah-mudahan para orang tua lanjut usia yang berada di Desa Jatiwaringin, Kecamatan Mauk, kedepan menjadi Lansia Tangguh, produktif, sehat dan mandiri,” pungkasnya. (Ade Maulana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *